4 Tips Kebersihan Untuk Ciptakan Lingkungan Toilet Sekolah yang Sehat

Spesialis Pabrikasi

4 Tips Kebersihan Untuk Ciptakan Lingkungan Toilet Sekolah yang Sehat

04/10/2021 Blog 0
Kebersihan Lingkungan Toilet Sekolah

Ada sejumlah faktor penting yang sangat berkontribusi untuk menjaga toilet sekolah agar tetap higienis dan nyaman digunakan. Beberapa faktor tersebut termasuk kualitas fasilitas cubcile toilet yang disediakan, jumlah bilik toilet dan wastafel di kamar kecil, ukuran panel partisi yang mencakup semua kalangan usia, dan yang terakhir adalah praktek sanitasi yang ditanamkan kepada siswa dan staf sekolah.

Dengan mempraktekkan kebersihan pada toilet sekolah secara baik dan benar, hal tersebut dapat membantu meningkatkan lingkungan belajar yang positif serta mengurangi kemungkinan terjadinya penyebaran penyakit di lingkungan siswa.

Nah, guna menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, berikut beberapa tips kebersihan yang bisa diikuti.

1. Edukasikan Siswa Tentang Kebersihan

Salah satu cara paling efisien untuk memastikan toilet sekolah yang higienis adalah dengan mengajari anak-anak tentang kebersihan toilet yang baik. Hal ini dapat dilakukan melalui inisiatif yang menarik, misalnya dengan memasang beberapa poster edukasi di dinding yang menunjukkan bagaimana cara mencuci tangan setelah menggunakan toilet, membuang tisu ke tempat sampah setelah menyeka tangan atau hidung, dan menjaga dinding bebas dari coretan.

Agar lebih mudah dilihat, tentunya poster harus ditempatkan di sekitar pintu masuk, sehingga setiap siswa dapat mempelajari cara mempraktikkan kebersihan toilet yang baik sebelum menggunakannya.

2. Siapkan Perlengkapan Sanitasi

Sekolah harus selalu dilengkapi dengan hand sanitizer, dispenser sabun, air dryer, tempat sampah, pembersih dudukan toilet, penyegar udara, serta perlengkapan kebersihan lainnya. Hal ini dikarenakan menyediakan pasokan peralatan sanitasi yang lengkap dapat membantu memastikan lingkungan toilet sekolah agar tetap aman dan sehat. Selain itu, secara signifikan hal tersebut juga dapat mengurangi kemungkinan perkembangbiakan dan penyebaran penyakit berbahaya di kalangan siswa.

3. Pasang Aksesoris Tanpa Sentuh

Demi mengurangi kemungkinan penularan wabah penyakit di lingkungan sekolah, penting untuk membendung kontaminasi silang dengan menghindari terjadinya perpindahan bakteri atau mikroorganisme dari satu substansi ke substansi lainnya. Caranya adalah dengan meminimalkan kontak umum pada wastafel kamar mandi dan keran air yang berpotensi sebagai pusat penularan patogen di antara siswa dan staf sekolah.

Beberapa aksesori yang perlu dipertimbangkan adalah keran sensor inframerah, dispenser sabun otomatis, pintu partisi yang dapat menutup sendiri, flash toilet berbentuk valve, dan pengering tangan tanpa sentuh.

4. Pilih Desain Toilet yang Mudah Dibersihkan

Sekolah harus memiliki desain toilet yang dapat dengan mudah dibersihkan setiap hari. Alih-alih menggunakan sistem toilet konvensional, sebaiknya toilet dibuat dengan interior modern yang menggunakan sistem toilet kering. Selain membutuhkan perawatan minimal, jenis kubikel toilet juga memiliki kelebihan berupa tidak adanya sudut sehingga dapat menghilangkan penumpukan debu dan lebih mudah dibersihkan.

Tanpa menerapkan sanitasi yang baik, akan ada banyak siswa, guru, serta staf sekolah yang dapat dengan mudah tertular penyakit. Oleh karena itu, sangat penting bagi pihak sekolah untuk selalu menekankan kebiasaan sehat dan menjaga kebersihan toilet dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat