5 Cara Mudah Hilangkan Bau Tidak Sedap Pada Toilet

5 Cara Mudah Hilangkan Bau Tidak Sedap Pada Toilet

31/12/2021 Blog 0
Merawat Dan Membersihkan Kubikel Toilet

Meskipun secara visual terlihat bersih, namun tetap saja toilet yang memiliki bau tidak sedap dapat membuat tidak nyaman penggunanya. Jika Anda memiliki masalah toilet yang terkait dengan aroma tidak menyenangkan, berikut beberapa tips mudah yang bisa Anda terapkan guna menghilangkan bau toilet.

1. Gunakan Bahan-Bahan Alami

  • Soda kue: Soda kue dikenal dengan kemampuannya untuk menyerap bau busuk. Letakkan secangkir soda kue di atas rak toilet atau di dekat tombol flush, dan rasakan sendiri perbedaannya. Anda bisa mengganti soda kue setiap satu bulan sekali.
  • Lemon: Jika Anda memiliki buah lemon di dapur, irislah menjadi potongan-potongan tipis, kemudian taruh di dalam toilet. Hal ini dapat menetralisir bau toilet dan menghadirkan aroma yang menyegarkan. Untuk pengendalian bau yang lebih efektif, ganti irisan lemon setiap seminggu sekali.
  • Cuka: Cuka tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan bau toilet, tetapi juga dapat digunakan untuk membersihkan noda. Taruh semangkuk cuka di dalam toilet, dan ganti setiap dua minggu sekali untuk hasil yang lebih baik.
  • Essential oil: Aroma essential oil dapat bertahan lebih lama dibandingkan pengharum ruangan. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan essential oil dengan wangi bunga yang menyegarkan seperti lavender untuk menghasilkan toilet yang harum.

2. Pasang Ventilasi

Ventilasi berguna untuk mendaur ulang udara di dalam toilet dan mengurangi bau tidak sedap. Selain itu, dari segi higienitas sendiri keberadaan ventilasi pada toilet juga memiliki manfaat yang sangat baik, sehingga sedikit-banyak dapat meringankan tugas Anda membersihkan toilet secara substansial.

3. Bersihkan Secara Reguler

Sama seperti debu, aroma tidak sedap cenderung menumpuk di dalam toilet seiring berjalannya waktu. Karena itu, membersihkan toilet secara berkala merupakan langkah penting yang tidak boleh dilewatkan. Sikat toilet Anda dengan cairan pemutih dan lap lantai serta wastafel untuk mencegah penumpukan rambut atau kulit mati, minimal setiap satu minggu sekali.

4. Singkirkan Jamur dan Lumut

Jamur serta lumut mudah berkembang di tempat yang cenderung lembab seperti kamar mandi, dan sayangnya hal ini dapat membuat toilet Anda menjadi bau apak. Saat melakukan perawatan berkala, jangan lupa untuk menyingkirkan jamur dan lumut yang tumbuh di sudut-sudut toilet menggunakan cuka atau cairan pemutih. Setelahnya, jaga area tersebut agar tetap kering demi mencegahnya tumbuh kembali.

5. Buang Sampah Secara Teratur

Beberapa sampah toilet seperti pembalut dan tisu basah dapat meninggalkan bau yang tidak sedap. Karenanya, Anda perlu mengosongkan tempat sampah secara teratur, bukan hanya pada saat sudah penuh saja. Sebagai upaya yang lebih maksimal, Anda juga bisa membersihkan tempat sampah toilet untuk menghindari penumpukan debu yang dihasilkan dari sampah harian.

Pada dasarnya aroma tidak sedap pada toilet lebih sering disebabkan oleh kelembaban dan higienitas yang kurang terjaga. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan perawatan reguler secara berkala dan menyediakan akses ke sirkulasi udara yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.