5 Etiket Menggunakan Toilet Umum Saat di Luar Negeri

Spesialis Pabrikasi

5 Etiket Menggunakan Toilet Umum Saat di Luar Negeri

25/10/2021 Blog 0
petunjuk toilet umum di kota bandung

Sama halnya seperti kebudayaan, etiket dan kebiasaan dalam menggunakan toilet umum di setiap negara sangatlah berbeda-beda. Hal yang dapat membuat Anda terkejut, bisa jadi dianggap lumrah bagi warga lokal di sana. Karena toilet merupakan kebutuhan primer setiap manusia, untuk berjaga-jaga ada baiknya jika Anda mengetahui aturan tidak tertulis tentang penggunaan toilet di luar negeri sebelum memutuskan untuk bepergian.

Nah, berikut beberapa etiket menggunakan toilet umum di berbagai negara yang perlu Anda tahu.

1. Membayar Setelah Buang Air

Sama seperti di Indonesia, beberapa negara besar di kawasan Eropa seperti London, Paris, dan Amsterdam menerapkan sistem toilet umum berbayar. Meski Anda bisa masuk secara gratis, namun kemungkinan besar Anda akan dikenakan biaya untuk membayar penggunaan tisu toilet atau sekedar memberikan tip pada penjaga toilet.

Nah, yang perlu diperhatikan, jumlah pemberian tip bisa mengecohkan karena tidak tertulis harga pasti yang harus dibayarkan. Bahkan terkadang, beberapa penjaga toilet mengisi toples tip mereka dengan nominal uang yang besar untuk membingungkan wisatawan. Padahal Anda hanya perlu membayar sekitar 1$ atau kurang setiap kali menggunakan toilet umum.

2. Biasakan Diri Dengan Toilet Jongkok

Meski tidak semua, namun penggunaan toilet duduk pada kota-kota besar di Indonesia sudah menjadi hal yang umum. Tapi ternyata beberapa negara seperti Singapura, Thailand, Taiwan, dan berbagai negara Asia lainnya masih menggunakan sistem toilet jongkok pada toilet umum mereka lho. Untungnya bagi orang Indonesia, baik itu toilet duduk atau jongkok bukanlah masalah besar karena kita sudah terbiasa dengan keduanya.

3. Jangan Buang Tisu Sembarangan

Hampir semua toilet di Amerika memiliki sistem flush yang mampu menghancurkan tisu bekas pakai para penggunanya. Namun hal ini tidak berlaku bagi kebanyakan negara seperti Turki, Yunani, Beijing, Maroko, Bulgaria, dan masih banyak lagi. Jika Anda bepergian ke negara-negara tersebut dan membuang tisu bekas ke dalam pipa toilet, bisa jadi Anda malah akan membuat toilet jadi tersumbat.

Karena itu, alih-alih membuangnya sembarangan, selalu buanglah tisu bekas milik Anda pada tempat sampah yang sudah disediakan di dalam bilik toilet.

4. Bawa Tisu Sendiri

Ada banyak negara yang memiliki kebiasaan untuk membawa tisu sendiri setiap kali pergi ke toilet umum, khususnya China dan Korea. Hal ini dikarenakan tidak semua toilet selalu menyediakan stok tisu yang cukup, atau bahkan terkadang mereka tidak menyediakan stok tisu sama sekali. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya Anda selalu menyiapkan tisu berukuran travel di tas saat bepergian ke negara-negara tersebut.

5. Pahami Cara Pakai Bidet

Anda mungkin sudah terbiasa dengan sistem toilet di Indonesia yang menggunakan jet shower untuk membilas. Namun di beberapa negara seperti Prancis, Italia, Portugal, Jepang, Argentina, dan Venezela biasasnya menggunakan bidet yang dilengkapi dengan penyembur air untuk menjaga kebersihan pribadi setelah menggunakan toilet. Ketika bepergian ke luar negeri, Anda tidak hanya akan sekedar menemukan bahasa, makanan, atau pemandangan baru saja, tapi juga lingkungan dan kebiasaan yang berbeda dari tempat Anda berasal. Salah satu contohnya adalah etiket dalam penggunaan toilet umum. Karenanya, mempelajari kebudayaan sehari-hari pada setiap negara bisa memungkinkan Anda membuat persiapan di saat pergi ke tempat baru yang masih terasa asing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat