5 Kebiasan Buruk Di Toilet yang Harus Anda Hindari

5 Kebiasan Buruk Di Toilet yang Harus Anda Hindari

01/12/2021 Blog 0
Urinoir Untuk Pria Di Toilet Kota Palembang

Toilet adalah tempat berkembang biaknya bakteri, kuman, dan berbagai sumber penyakit lainnya. Bahkan meski Anda menggunakan toilet yang paling bersih sekalipun, tetap saja selalu ada ancaman kesehatan yang mengintai. Terlebih lagi jika Anda sering mempraktikkan beberapa kebiasaan buruk yang tidak disengaja selama berada di toilet.

Kebiasaan buruk ini mungkin tampaknya cukup sepele, namun justru dapat meningkatkan resiko Anda untuk terkespos oleh lebih banyak kuman dan bakteri. Berikut beberapa daftar kebiasaan buruk yang sebaiknya dihindari ketika Anda sedang berada di toilet.

1. Membersihkan dari Belakang ke Depan

Menurut para ahli, tata cara membersihkan yang baik setelah selesai buang air adalah dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Jika membilas dari belakang terlebih dahulu, dikhawatirkan Anda akan menyebarkan bakteri dari daerah anus ke alat kelamin. Kebiasaan buruk ini juga dapat memicu berbagai masalah kesehatan lainnya seperti infeksi saluran kemih, infeksi vagina, serta infeksi jamur yang bisa membuat kulit menjadi ruam, merah, atau gatal.

2. Menggunakan Ponsel di Toilet

Ketika sedang berada di toilet, simpan handphone untuk sementara di tempat yang aman dan tertutup. Tanpa Anda sadari, ada banyak sekali kuman yang menempel di permukaan toilet, wastafel, dan lantai kamar mandi. Saat Anda menggunakan handphone di toilet dan menaruhnya di atas wastafel, berarti Anda juga membiarkan kuman yang ada di sana ikut terbawa bersama Anda saat keluar dari toilet.

3. Tidak Menutup Toilet Saat Membilasnya

Setiap kali tombol flush ditekan dan toilet dibilas tanpa ditutup terlebih dahulu, kuman dan partikel lain dapat terbawa ke udara. Berbagai penelitian telah menemukan bahwa pembilasan yang dilakukan tanpa menutup mangkuk toilet mampu memercikkan tetesan aerosol sejauh enam kaki dari toilet dan mencemari atmosfir kamar mandi. Untuk membatasi hal ini, cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah menutup mangkuk toilet sebelum menyiramnya.

4. Tidak Mencuci Tangan

Menjaga tangan Anda tetap bersih adalah praktik umum yang harus selalu diterapkan sebagai tindakan pengendalian infeksi. Setelah selesai menggunakan toilet, pastikan untuk mengikuti protokol cuci tangan yang baik dan benar menggunakan air bersih dan sabun. Untuk perlindungan tambahan, Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer sebagai pembersih tangan cadangan di saat air dan sabun tidak tersedia.

5. Tidak Membilas Dengan Benar

Anda mungkin berpikir bahwa tidak mungkin ada orang yang tidak membilas toilet setelah menggunakannya. Tetapi faktanya, memang ada. Entah itu karena disengaja atau mereka tidak membilasnya dengan benar karena terburu-buru. Namun yang jelas, tidak ada alasan apa pun yang bisa membenarkan kebiasaan membilas yang buruk. Jadi ketika Anda menggunakan toilet, selalu pastikan Anda sudah membilasnya sampai bersih sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengguna lain.

Bagaimanapun kebiasaan buruk saat menggunakan toilet harus selalu dihindari untuk mencegah penularan berbagai macam infeksi dan penyakit, terutama jika Anda berada di toilet umum. Karena itu, pastikan Anda selalu mempraktikkan sanitasi sebaik-baiknya dengan tidak meninggalkan sampah atau kotoran, mencuci tangan setelah buang air, dan menjaga barang-barang Anda tetap tersimpan dengan aman selama berada di toilet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.