5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mendesain Toilet

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mendesain Toilet

01/12/2021 Blog 0
petunjuk toilet umum di kota bandung

Entah itu untuk merenovasi seluruh ruangan toilet atau hanya ingin menambahkan beberapa pembaruan, kunci terpenting dalam mendesain toilet yang bagus adalah persiapan yang matang. Mulai dari mengetahui jenis material yang Anda gunakan hingga merencanakan tampilan interior yang diinginkan, semuanya perlu dipertimbangkan sedetail mungkin untuk menghindari kesalahan.

Sebab tidak banyak orang yang sadar, bahwa tanpa persiapan yang matang, kesalahan dalam mendesain toilet bisa membuat Anda mengeluarkan biaya perbaikan yang tidak murah di masa mendatang. Nah, demi menghindari hal tersebut, penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa daftar kesalahan dalam pembuatan toilet berikut ini.

1. Tidak memiliki banyak sumber cahaya.

Pencahayaan yang tepat adalah suatu keharusan yang ada di dalam toilet. Banyak orang yang sering mengabaikan hal ini, dan membiarkan toilet menjadi ruangan yang tertutup sepenuhnya tanpa pencahayaan yang memadai. Padahal keberadaan cahaya yang cukup akan sangat mempengaruhi kenyamanan psikologis pengguna toilet.

Saat mendesain toilet, pastikan Anda menyediakan sumber cahaya. Misalnya dengan membuat jendela tinggi yang dapat memberikan akses cahaya alami untuk masuk ke dalam toilet. Namun jika tidak memungkinkan, Anda juga bisa memasang banyak lampu untuk penerangan yang lebih baik.

2. Tidak mementingkan aspek fungsional.

Tidak semua pengguna toilet memiliki tinggi dan ukuran tubuh yang sama. Kecerobohan dalam mendesain yang tidak mementingkan fakta tersebut dapat mendatangkan masalah ketidak nyamanan bagi beberapa pengguna toilet.

Misalnya pemasangan kubikel yang terlalu sempit dapat membuat orang bertubuh besar susah bergerak dan penempatan wastafel yang terlalu rendah dapat membuat orang bertubuh tinggi jadi tidak nyaman. Oleh sebab itu, saat mendesain toilet pastikan semua fasilitasnya dapat digunakan secara universal oleh semua orang.

3. Menggunakan lantai yang licin.

Lantai mengkilap mungkin akan terlihat bagus saat dilihat, tapi sayangnya tidak ideal untuk penggunaan toilet. Bahkan meskipun Anda menggunakan sistem toilet kering, bagaimana pun tetap saja toilet adalah tempat lembab yang mudah basah. Menggunakan lantai yang licin dapat membahayakan keselamatan penggunanya. Karenanya, saat mendesain toilet pilihlah lantai yang bertekstur atau memiliki permukaan matte.

4. Menggunakan terlalu banyak warna.

Di satu sisi, toilet yang berwarna-warni memang tampak ceria dan menyenangkan. Namun kecuali Anda mendekorasi toilet anak, sebaiknya hanya gunakan warna-warna netral yang tidak terlalu ramai dan nyaman untuk dilihat. Hal ini dikarenakan toilet dengan terlalu banyak warna bisa membuat penggunanya jadi merasa gelisah dan tidak santai.

5. Menemposisikan toilet di pintu masuk.

Bayangkan setiap orang yang lewat di depan pintu masuk harus melihat pemandangan toilet secara langsung. Selain membuat tidak nyaman, memposisikan toilet di depan pintu masuk juga sesungguhnya tidak sesuai dengan kaidah desain yang baik. Karena itu, sebelum mendesain selalu perhatikan garis pandang dari luar toilet, dan pastikan hal pertama yang bisa dilihat saat pintu masuk terbuka adalah wastafel, bukannya kubikel toilet. Sangat disayangkan jika toilet hanya terlihat bagus tetapi memiliki fungsi yang buruk. Agar selalu nyaman digunakan, buatlah toilet yang tidak hanya mementingkan tampilan desain semata, tapi juga dapat memenuhi kebutuhan spesifik setiap penggunanya dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.