6 Kriteria Toilet yang Sehat dan Bersih

6 Kriteria Toilet yang Sehat dan Bersih

18/02/2022 Blog 0
Merawat Dan Membersihkan Kubikel Toilet

Kebersihan lingkungan merupakan landasan utama dalam menjaga kesehatan tubuh. Karenanya, menjaga toilet agar memenuhi standar higienitas yang tepat membantu Anda untuk mencegah penyebaran kuman dan virus berbahaya yang dapat menyebabkan infeksi. Secara keseluruhan, toilet yang ideal tidak hanya dipengaruhi oleh ukuran ruangan toilet saja, tapi juga beberapa faktor penting lainnya.

Menurut ATI (Indonesian Toilet Assosiation), berikut ini adalah ciri-ciri toilet yang memiliki standar kesehatan dan kebersihan yang layak.

1. Aliran air yang bersih.

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah ketersediaan air bersih pada toilet. Ciri-ciri air yang bersih di antaranya air tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak berasa. Dengan menggunakan air bersih, ini memastikan Anda untuk terhindar dari penyakit kulit. Selain itu, pastikan juga saluran air pada toilet tidak tersumbat agar air kotor yang sudah digunakan tidak menggenang di lantai kamar mandi.

2. Pencahayaan yang cukup.

Kurangnya penerangan dapat membuat nyamuk jadi lebih betah untuk bersarang dan berkembang biak di dalam toilet. Selain itu, toilet yang gelap juga akan membuat penggunanya jadi merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, idealnya toilet yang sehat dan bersih harus memiliki pencahayaan alami dan buatan yang memadai.

3. Ventilasi udara yang baik.

Pastikan toilet Anda memiliki jendela kecil pada bagian atas dinding yang berfungsi sebagai tempat keluar-masuknya udara. Dengan memiliki sistem sirkulasi udara yang baik, ini mencegah suhu kamar mandi agar tidak terlalu lembab dan membuat Anda tidak merasa sesak ketika sedang menggunakannya. Selain jendela, sangat disarankan agar pintu toilet juga dibuat menggantung setidaknya sekitar 20cm dari atas permukaan lantai.

4. Sanitasi yang memadai.

Toilet yang sehat harus dibersihkan secara rutin, terutama jika frekuensi penggunannya cukup tinggi. Memiliki peralatan sanitasi yang lengkap dan memadai mempermudah pekerjaan Anda saat akan membersihkan toilet. Selain itu, demi meminimalisir resiko kontaminasi, pastikan tempat sampah dan peralatan kebersihan diletakkan minimal pada jarak 10 meter dari sumber air.

5. Mangkuk toilet yang tertutup.

Sisa kotoran pada mangkuk toilet dapat menjadi sumber penyebaran bakteri, karenanya usahakan untuk selalu menutup mangkuk toilet setiap kali Anda selesai menggunakannya. Perlu diingat bahwa menyiram toilet dengan keadaan terbuka dapat membuat cipratan air yang ada di dalamnya menyebar ke udara, dinding, dan lantai kamar mandi Anda.

6. Tersedia tempat untuk mencuci tangan.

Kriteria terakhir, toilet yang sehat dan bersih harus menyediakan wastafel guna menciptakan kebiasaan cuci tangan secara rutin setiap kali Anda selesai buang air. Namun selain itu, pastikan juga wastafel sudah dilengkapi dengan berbagai peralatan cuci tangan yang lengkap seperti sabun, tisu, alat pengering, dan tempat sampah. Selain perawatan secara rutin, kriteria toilet yang sehat juga harus memiliki unsur kebersihan dan fasilitas ruangan yang layak. Dengan memenuhi semua faktor-faktor yang sudah disebutkan di atas, ini dapat meningkatkan fungsi toilet dan membuat setiap penggunanya jadi merasa nayaman ketika akan memakai toilet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.