8 Langkah Menerapkan Standar Kebersihan Toilet yang Baik dan Benar

Spesialis Pabrikasi

8 Langkah Menerapkan Standar Kebersihan Toilet yang Baik dan Benar

25/10/2021 Blog 0
Membersihkan Toilet

Tahukah Anda, virus Covid-19 dapat ditularkan melalui kontak fisik atau tetesan pernapasan yang dihasilkan ketika seseorang batuk, bersin, berbicara dengan keras, atau bahkan bernyanyi. Dan lebih jauh dari pada itu, virus corona juga ternyata dapat ditularkan melalui kontak dari permukaan yang baru saja terkontaminasi dengan sekresi saluran pernapasan dari orang yang terinfeksi.

Dalam kehidupan sehari-hari, kemampuan virus untuk menempel dan tetap berada di permukaan dapat dipengaruhi oleh variabel lainnya seperti suhu, kelembaban, udara, ventilasi, dan bahan permukaan tersebut. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena pemusnahan virus dapat dipercepat dengan menerapkan kebersihan toilet sesuai standar yang baik dan benar. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Sebelum membersihkan toilet, kenakan sarung tangan sekali pakai dan lapisi lagi dengan sarung tangan pelindung setinggi siku. Sarung tangan pelindung harus selalu dibersihkan dengan disinfektan setelahnya, kemudian ditaruh di tempat khusus agar tidak tercampur dengan alat dan produk pembersih lainnya.
  2. Bersihkan permukaan toilet dan berikan perhatian khusus pada permukaan yang sering terkena kontak seperti gagang pintu, keran, jet shower, wastafel, cermin, dispenser sabun, pengering tangan, dan tempat tisu.
  3. Oleskan deterjen pada kedua sisi penutup, dudukan, serta mangkuk kloset, lalu tutup penutupnya dan tekan tombol flush. Penggunaan deterjen berfungsi untuk membunuh virus dan kuman yang mungkin menempel pada permukaan kloset.
  4. Selanjutnya oleskan lagi cairan pembersih toilet pada kedua sisi penutup, dudukan, serta mangkuk kloset, kemudian bersihkan bagian dalamnya dengan sikat. Setelah selesai, tutup penutup kloset dan tekan tombol flush, lalu cuci sikat tersebut dan taruh di tempat khusus.
  5. Langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian luar kloset menggunakan kain bersih. Urutan pengoperasian yang benar adalah lap tangki air dan tombol flush, lalu beralih ke bagian atas penutup kloset, kemudian permukaan luar mangkuk, dan terakhir bagian kaki kloset.
  6. Setelah kloset selesai dibersihkan, pastikan Anda tidak menyentuh apa pun saat keluar bilik toilet. Selalu gunakan kertas tisu jika Anda perlu menarik gagang pintu.
  7. Masukkan kain yang tadi digunakan untuk membersihkan kloset ke dalam bak cucian, lalu cuci sarung tangan pembersih menggunakan disenfektan dan taruh di tempat khusus. Buang sarung tangan sekali pakai yang Anda gunakan ke tempat sampah.
  8. Kenakan lagi sarung tangan baru, lalu lap setiap permukaan partisi toilet dengan kain bersih lainnya dan lanjut mengepel lantai dengan cairan pembersih toilet.

Demi melindungi pekerja yang bertugas untuk membersihkan toilet, sebaiknya Anda memfasilitasi mereka dengan pakaian kerja dan alas kaki yang mudah dibersihkan. Selain itu, pastikan juga persediaan detergen, cairan pembersih toilet, dan sarung tangan sekali pakai selalu memadai guna melengkapi kebutuhan mereka untuk menerapkan kebersihan toilet sesuai standar yang baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat