Cegah Penyebaran Covid-19 Dengan Menjaga Higienitas Toilet

Spesialis Pabrikasi

Cegah Penyebaran Covid-19 Dengan Menjaga Higienitas Toilet

25/10/2021 Blog 0
Uronoir Dengan Partisi Di Kota Cirebon

Sebelum munculnya pandemi, higienitas toilet sudah menjadi bagian penting untuk membangun kepuasan pelanggan. Bahkan menurut studi yang pernah dilakukan oleh Tork, sebuah perusahaan asal Amerika yang menjual produk perawatan kebersihan dan kesehatan, hampir delapan dari sepuluh orang yang disurvei merasa tidak aman saat pergi ke fasilitas umum yang memiliki toilet tidak higienis. Jika survei tersebut dilakukan sebelum virus Covid-19 menyebar, tentu Anda bisa membayangkan apa yang akan pelanggan Anda harapkan mengenai kebersihan toilet umum di masa-masa seperti sekarang ini.

Selain berguna untuk memenuhi ekspetasi publik, mencegah penyebaran virus corona dengan menjaga higienitas toilet juga dapat mempertahankan citra merek dan kepercayaan pelanggan terhadap operasi bisnis Anda. Hal ini juga telah didukung oleh pernyataan dari Departemen Kesehatan Australia, yang mengungkapkan bahwa mempraktikkan kebersihan yang baik setiap saat harus dilakukan demi mencegah penyebaran virus, terutama di dalam ruangan tertutup seperti toilet umum, di mana banyak orang sering berdiri berdekatan untuk mengantri.

Berikut beberapa praktik terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menjaga higienitas toilet di era Covid-19.

  1. Berikan pelatihan kepada para petugas kebersihan Anda mengenai bahaya Covid-19 dan bagaimana praktik kebersihan yang tepat dan sesuai untuk mencegahnya.
  2. Siapkan daftar titik rawan yang perlu dibersihkan setiap hari seperti gagang pintu, tombol flush, keran air, jet shower, wastafel, dan zona berbahaya lainnya.
  3. Setiap kali membersihkan titik kontak, maksimalkan upaya pembersihan dan berikan disinfektan sekitar 3 hingga 12 inci di luar titik tersebut.
  4. Saat membuang sampah, gunakan sarung tangan pelindung, dan pastikan agar isi plastik sampah tidak tercecer ke mana-mana demi menghindari kontaminan yang mungkin saja menyebar ke lantai dan udara.
  5. Dorong petugas kebersihan untuk melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala untuk menjaga kebersihan yang lebih efektif.
  6. Saat proses penyemprotan disinfektan dilakukan, blokir area sementara agar tidak digunakan oleh orang lain. Selain itu, perlu dipastikan juga bahwa cairan disinfektan yang Anda gunakan sudah sesuai dengan anjuran dan protokol kesehatan yang berlaku.
  7. Selalu cuci peralatan pembersih dengan baik setiap kali selesai digunakan.

Dalam sejarah mana pun, menjaga higienitas dan sanitasi toilet tidak pernah terasa sepenting seperti sekarang ini. Karenanya, alangkah baiknya jika Anda menerapkan elemen SOP toilet yang berfokus pada kebersihan. Selain itu, pastikan juga bahwa Anda selalu melakukan protokol pembersihan yang aman dan efisien untuk memaksimalkan pencegahan yang mungkin terjadi. Bila perlu, tidak ada salahnya jika Anda juga memperbarui pelatihan kepada para petugas kebersihan untuk mencerminkan perubahan baru yang Anda terapkan dalam SOP perawatan toilet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat