Cek Fakta: Benarkah Toilet Umum Jadi Sarang Penularan Virus Corona?

Spesialis Pabrikasi

Cek Fakta: Benarkah Toilet Umum Jadi Sarang Penularan Virus Corona?

01/10/2021 Blog 0
Toilet Umum Sarang Virus Corona

Tampaknya, semua orang sepakat bahwa cubicle toilet umum merupakan tempat yang memiliki potensi tinggi sebagai sarang penularan virus Covid-19. Hal ini dikarenakan beberapa toilet seringnya membuat para penggunanya terpaksa menyentuh berbagai fasilitas publik seperti gagang pintu, keran air, ataupun tombol flush yang membuat mereka jadi lebih rentan untuk terekspos patogen.

Belum lagi, sebuah tim ilmuwan dari Florida Atlantic University’s College of Engineering and Computer Science melaporkan, ada rute penularan alternatif selain droplet, yaitu melalui tetesan aerosol yang mengandung sejumlah kecil virus dari bekas urin atau feses. Pada penelitian itu disebutkan bahwa tetesan tersebut disebarkan dari cipratan air yang muncul ketika pengguna menyiram tombol flush pada toilet. Lebih buruk lagi, para peneliti juga mendeteksi adanya sejumlah kecil tetesan aerosol yang tetap keluar meski toilet disiram dalam keadaan tertutup.

Terlepas dari betapa mengkhawatirkannya hasil penelitian tersebut, namun justru penelitian terbaru yang dilakukan oleh Australian National University mengatakan bahwa, tidak ada bukti penularan melalui udara untuk patogen seperti Covid-19 berdasarkan penyelidikan terhadap dampak penggunaan toilet umum selama 18 bulan lamanya. Selain itu, para tim peneliti yang dipimpin oleh Profesor Sotiris Vardoulakis tersebut juga menemukan bahwa ternyata toilet umum memiliki sedikit resiko penyebaran virus.

Tidak hanya itu saja, berdasarkan analisis informasi yang dilihat dari 38 penelitian pada 13 negara, yang diterbitkan dari tahun 2000 hingga 2020, memang ada beberapa resiko aerosolisasi dari pembilasan toilet dan penggunaan air dryer, namun kemungkinan untuk terjadinya penularan dianggap rendah selama kebersihan tangan dan toilet tetap terjaga.

Selain itu, menurut Vardoulakis, alasan lainnya kenapa toilet umum memiliki resiko penularan yang kecil adalah karena kebanyakan orang tidak menghabiskan waktu mereka untuk berlama-lama di kamar mandi dan tidak berinteraksi dengan orang lain. Karenanya, meski menggunakan toilet umum di masa pandemi memang mengkhawatirkan, namun selagi setiap orang meminimalkan waktu mereka di kamar mandi, mencuci dan mengeringkan tangan dengan benar, maka potensi penyebaran virus corona pun akan tetap beresiko rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat