Kenapa Mencuci Tangan Setelah Menggunakan Toilet Itu Penting?

Kenapa Mencuci Tangan Setelah Menggunakan Toilet Itu Penting?

31/12/2021 Blog 0
Kamar Mandi Kantor

Saat menggunakan toilet, Anda menyentuh banyak hal, mulai dari mendorong pintu, membuka dudukan toilet, membilas, sampai dengan menekan tombol flush. Bayangkan saja ada berapa banyak kuman yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan semua upaya tersebut. Terlebih lagi dalam sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh The Lancet, disebutkan bahwa jenis bakteri E. coli yang kebal dengan antibiotik lebih banyak disebarkan memulai kebersihan toilet yang buruk dibandingkan daging mentah.

Pentingnya Cuci Tangan Setelah Menggunakan Toilet

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, berbagai jenis kuman seperti Salmonella, E. coli, dan norovirus dapat berpindah ke tangan setelah Anda menggunakan toilet. Daniel Allan, MD, seorang spesialis dokter keluarga asal Amerika juga menambahkan, bahwa Anda cenderung meninggalkan toilet dengan membawa bakteri di tangan sebanyak dua kali lipat dari pada sebelum Anda masuk ke toilet. Selain itu, benda-benda lainnya seperti dompet dan handphone yang dikeluarkan saat berada di toilet juga sangat rawan terkontaminasi oleh kuman.

Nah, kabar baiknya dengan mencuci tangan setelah menggunakan toilet dapat mengurangi kemungkinan Anda untuk tertular berbagai jenis virus penyebab diare, flu, dan penyakit lainnya. Kebiasaan mencuci tangan dengan baik dan benar juga dapat mengurangi ketidakhadiran anak-anak di sekolah akibat penyakit sistem pencernaan sampai sebanyak 29%.

Panduan Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

Mengingat hampir sebanyak 95% orang tidak mencuci tangannya dengan benar, berikut panduan langkah demi langkah cara mencuci tangan yang perlu Anda ingat.

  1. Basahi tangan Anda dengan air bersih secara menyeluruh.
  2. Ambil sabun dan gosokkan busanya pada punggung, telapak tangan, jari, hingga ke bawah kuku. Kebanyakan orang biasanya hanya melakukan hal ini selama enam detik saja, namun Dr. Allan menyarankan agar Anda melakukannya selama minimal 20 detik lamanya.
  3. Bilas kembali tangan Anda dengan air.
  4. Ambil selembar tisu untuk mematikan keran. Kemudian ambil selembar lagi untuk mengeringkan tangan. Langkah ini termasuk penting karena tangan yang lembab 1.000 kali lebih mungkin untuk terkontaminasi oleh bakteri dibandingkan dengan tangan yang kering.

Jangan lupa, setiap kali Anda menyentuh permukaan toilet lainnya seperti gagang pintu, penutup keran, atau tombol flush selalu lapisi tangan Anda menggunakan kertas tisu guna membatasi kontaminasi silang yang mungkin terjadi. Selain itu sebagai informasi tambahan, jika Anda berada dalam keadaan darurat di mana air bersih dan sabun tidak tersedia, Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60% alkohol dengan cara mengoleskan secukupnya ke tangan dan gosokkan secara menyeluruh sampai 20 detik lamanya atau sampai tangan Anda kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published.