Menurut Para Ahli, Begini Cara Terbaik Menggunakan Toilet Umum

Spesialis Pabrikasi

Menurut Para Ahli, Begini Cara Terbaik Menggunakan Toilet Umum

25/10/2021 Blog 0
Urinoir Untuk Pria Di Toilet Kota Palembang

Tidak bisa dipungkiri, meski sering digunakan namun toilet umum bukanlah salah satu jenis tempat yang disukai banyak orang. Hal ini dikarenakan toilet umum memiliki reputasi buruk sebagai tempat bersarangnya sejumlah besar bakteri dan mikroba. Karenanya, tips terbaik menggunakan toilet umum dari para ahli akan sangat membantu Anda guna menghindari kemungkinan tertularnya virus dan kuman berbahaya yang dapat menjadi sumber penyakit.

Nah, menurut Kelly Reynolds Ph.D, seorang Profesor Kesehatan Lingkungan yang bekerja di University Arizona, berikut cara terbaik menggunakan toilet umum yang perlu Anda tahu.

1. Manfaatkan Kertas Tisu

Selalu gunakan kertas tisu setiap kali Anda membuka dan menutup gagang pintu, menyiram flush toilet, dan mematikan keran. Tanpa Anda sadari, ada banyak sekali zona berbahaya yang bisa menjadi area kontaminasi silang, yaitu perpindahan bakteri atau mikroorganisme dari satu substansi ke substansi lainnya.

2. Waspadalah Terhadap Flush

Jika orang lain baru saja keluar dari salah satu bilik toilet, jangan langsung terburu-buru untuk masuk. Hal ini dikarenakan virus atau bakteri yang dihasilkan dari cipratan aerosol saat flush toilet bekerja dapat bertahan selama tiga sampai dengan tujuh menit lamanya di dalam bilik kamar mandi. Selain itu, ketika Anda sudah selesai buang air, rapikan pakaian terlebih dahulu baru kemudian siram flush toilet saat Anda sudah siap keluar dari sana.

3. Jangan Sentuh yang Tidak Perlu

Jika toilet umum yang Anda datangi memiliki sistem bebas sentuh, maka tidak ada alasan bagi Anda untuk menyentuh apa pun selama di toilet. Namun jika fasilitas yang disediakan oleh toilet mengharuskan Anda untuk menyentuhnya, maka lakukan tips yang sudah disebutkan sebelumnya, yaitu manfaatkan kertas tisu.

4. Lindungi Barang Anda

Menurut penelitian, lantai pada toilet umum merupakan tempat yang memiliki paling banyak kuman. Setiap kali seseorang menggunakan flush toilet, tetesan aerosol yang dapat membawa bakteri dan penyakit akan terciprat ke udara, dan pada akhirnya mengendap di permukaan lantai. Karena itu, selalu lindungi barang bawaan Anda dan jangan pernah menaruhnya di atas lantai toilet, bahkan meski hanya sebentar.

5. Cuci Tangan Dengan Benar

Jika seseorang sedang mencuci tangan di wastafel, tetaplah jaga jarak dan berdiri di belakangnya sampai selesai. Ketika giliran Anda untuk menggunakan wastafel, pastikan Anda mencuci tangan dengan benar selama 20 detik lamanya. Kemudian gunakan selembar tisu bersih saat Anda mematikan keran. Secara umum, jika Anda selalu menjaga kebersihan dengan baik dan menghindari menyentuh sesuatu yang tidak penting, Anda akan baik-baik saja. Selain itu, demi menghindari potensi tertularnya penyakit, usahakan agar tidak mengobrol atau berlama-lama ketika Anda sedang berada di dalam toilet umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat