Pandemi Masih Belum Usai, Begini Cara Aman Gunakan Toilet Umum

Pandemi Masih Belum Usai, Begini Cara Aman Gunakan Toilet Umum

31/12/2021 Blog 0
Restroom Di Kantor

Ada alasan logis kenapa Anda harus merasa khawatir setiap kali memasuki toilet umum, terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Mulai dari ventilasi ruangan yang buruk, kerumunan orang yang saling berdiri berdekatan, hingga adanya resiko substansi silang yang ditimbulkan dari permukaan toilet, tentu semua itu dapat menimbulkan rasa was-was.

Namun untungnya, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan demi meminimalisir kemungkinan untuk tertular virus Covid-19. Berikut langkah-langkah pencegahan agar Anda tetap aman selama menggunakan toilet umum.

1. Jangan menahan pipis.

Kekhawatiran yang Anda rasakan untuk menggunakan toilet umum di masa pandemi seperti ini memang bisa dipahami, namun bukan berarti ini membenarkan alasan bagi Anda untuk menahan pipis. Terlebih lagi, orang dewasa yang lebih tua tidak dapat menahan buang air kecil terlalu lama karena otot kandung kemih cenderung melemah seiring bertambahnya usia.

2. Selalu gunakan masker Anda.

Jangan pernah melepas masker Anda, bahkan meskipun di dalam toilet yang tampaknya kosong. Hal ini dikarenakan virus dan bakteri yang dihasilkan dari cipratan aerosol dapat bertahan cukup lama di udara, terlebih lagi jika toilet yang Anda gunakan tidak difasilitasi dengan saluran ventilasi yang baik.

3. Semprotkan bilik toilet dengan disinfektan.

Jika memungkinkan, selalu bawa disinfektan yang mengandung etil alkohol dan dimetil benzil amonium sakarinat ke mana pun Anda pergi. Saat memasuki bilik toilet, semprotkan dinsifektan tersebut ke udara dan dudukan toilet. Langkah ini berguna untuk menurunkan partikel virus yang tersisa di udara agar tidak terhirup oleh Anda.

4. Segera keluar dari bilik setelah menekan tombol flush.

Salah satu hal penting yang biasanya dilewatkan banyak orang adalah menekan tombol flush tanpa menutup toilet. Padahal saat disiram, toilet dapat mencipratkan tetesan aerosol yang mengandung virus ke udara. Karena itu, jangan lupa untuk menutup toilet terlebih dahulu, lalu segera keluar dari bilik setelah Anda menekan tombol flush guna menghindari cipratannya.

5. Jangan lupa untuk mencuci tangan.

Mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun setelah menggunakan toilet merupakan langkah pencegahan yang bagus. Pastikan Anda mencuci tangan yang baik dan benar sesuai protokol kebersihan yang telah dianjurkan oleh WHO, yaitu minimal 20 detik lamanya.

6. Lewati pengering tangan.

Pengering tangan berpotensi menjadi alat perputaran kuman karena mengalirkan banyak virus dan bakteri dari udara toilet langsung ke tangan Anda. Sebagai gantinya, gunakan kertas tisu untuk mengeringkan tangan.

7. Jangan mainkan handphone.

Hampir sebanyak 75% orang cenderung memainkan handphone mereka saat berada di dalam toilet. Namun karena Anda sedang menggunakan toilet umum, tentu ini bukanlah hal yang bijak mengingat ada banyak sekali virus dan bakteri yang mungkin berpindah ke handphone saat Anda mengeluarkannya. Karena itu, cobalah untuk benar-benar membatasi kegiatan Anda saat berada di toilet dan bergegas keluar setelah selesai buang air.

Kemungkinan untuk tertular virus Covid-19 dari toilet umum memang kecil, namun tidak ada salahnya untuk melakukan langkah-langkah pencegahan yang diperlukan dari pada harus menyesal di kemudian hari, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.