Tips Membersihkan dan Merawat Partisi dari Kubikel Kamar Mandi Bandung

Spesialis Pabrikasi

Tips Membersihkan dan Merawat Partisi dari Kubikel Kamar Mandi Bandung

20/09/2021 Blog 0
Membersihkan dan Merawat Partisi dari Kubikel Kamar Mandi Bandung

Kubikel toilet merupakan salah satu tempat yang harus selalu diperhatikan kondisi dan kebersihannya. Tempat ini biasanya ada di area-area umum sehingga penggunaannya secara bergantian untuk banyak orang. Ada beberapa tips merawat kubikel kamar mandi Bandung agar senantiasa nyaman digunakan.

Material dasar pembuatan kubikel toilet menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi cara merawat dan membersihkannya. Bahan-bahan pembersih pun bisa berbeda antara material satu dengan lainnya. Oleh karena sangat penting untuk mengenali bahan dasar pembuatan kubikel toilet.

Kenali Jenis-jenis Material Dasar Kubikel Kamar Mandi Bandung

Perbedaan jenis material kemungkinan juga memiliki cara perawatan yang berbeda. Dengan mengetahui hal ini, maka Anda dapat menyesuaikan peralatan dan juga perlengkapan yang digunakan sehingga toilet bersih maksimal.

1. Wooden

Material kubikel toilet ini sesuai dengan namanya berbahan dasar kayu. Plywood, Medium Density Fiberboard (MDF), dan juga blockboard merupakan jenis yang biasa digunakan pada bagian dalam partisi dan pintu.

Bahan-bahan tersebut di atas akan dipercantik dengan laminasi High Pressure Laminate (HPL) ataupun Decorative Vinyl Sheet. Dua bahan laminasi ini memiliki pilihan motif dan warna yang sangat bervariasi.

Lapisan laminasi HPL lebih tebal dibandingkan dengan vinyl, sehingga menjadikan laminasi HPL lebih kuat dibandingkan vinyl. Pilihan laminasi ini menjadi salah satu faktor penentu harga kubikel kamar mandi Bandung.

2. Kubikel Kamar Mandi Bandung Berbahan PVC

Partisi toilet ini memiliki keunggulan pada bobotnya yang ringan dan harganya relatif ekonomis dibanding jenis lainnya. PVC tahan terhadap air, kelembapan, dan juga perubahan cuaca.

Kelebihan dari PVC tersebut menjadikannya cocok untuk digunakan pada kamar mandi basah ataupun kering. Banyak fasilitas umum seperti misalnya rumah sakit yang menggunakan partisi toilet dengan bahan ini.

3. Phenolic

Bahan ini sampai saat ini diklaim sebagai material pembuat partisi toilet terkuat di dunia. Craft paper yang dilaminasi bersama dengan resin menggunakan kertas dekoratif pada bagian luar menjadikan phenolic tidak memiliki pori-pori.

Ketiadaan pori-pori menjadikan bahan ini tahan air, tahan panas, dan yang pasti antibakteri. Kubikel berbahan phenolic ini tahan lama dan mudah untuk pemasangan atau perakitannya.

4. Kaca

Toilet berbahan dasar kaca adalah jenis yang paling mewah dan elegan. Ada beberapa tipe kaca yang biasa digunakan untuk membuat partisi toilet. Clear glass tempered, laminated glass, dan ceramic glass adalah tipe yang umum digunakan.

Penggunaan laminasi atau kaca film untuk menutup agar tidak tembus pandang menjadikan kubikel toilet semakin indah. Dibandingkan dengan bahan-bahan lain, partisi kamar mandi berbahan kaca rentan terhadap goncangan dan benturan keras.

Cara Membersihkan dan Merawat Kubikel Kamar Mandi Bandung

Meski terlihat sepele, namun perawatan kubikel kamar mandi yang tidak tepat dapat menjadikannya cepat rusak. Selain itu kesalahan perawatan juga menjadikan kubikel kurang nyaman digunakan.

Lantas bagaimana cara untuk merawat dan membersihkan kubikel kamar mandi?

1. Lakukan Pembersihan setiap Hari

Ini adalah hal pertama dan wajib dilakukan untuk merawat dan menjaga kebersihan kubikel toilet. Toilet jenis ini biasanya terdiri lebih dari satu dan merupakan fasilitas umum. Oleh karenanya penting untuk membersihkan sesering mungkin setiap harinya.

Pembersihan setiap hari dengan cara yang benar akan meminimalisir kerusakan dan membuat toilet senantiasa bersih. Pada jenis toilet kering, hal ini juga akan menjaga agar tidak ada tetesan atau bahkan genangan air di lantai.

2. Gunakan Cairan Pembersih yang Sesuai

Saat ini sangat mudah untuk menemukan jenis-jenis cairan untuk membersihkan partisi toilet. Pilihlah yang sesuai dengan bahan dasar pembuatan toilet. Cairan pembersih toilet berbahan kaca bisa saja berbeda dengan yang berbahan wooden.

Penggunaan cairan pembersih yang tepat selain membuat kubikel toilet semakin bersih juga menjaganya agar lebih awet. Kenali jenis material pembuat kubikel kamar mandi Bandung ini dan temukan cairan pembersih yang sesuai.

3. Manfaatkan Kubikel Toilet Sesuai dengan Peruntukan Material Dasarnya

Penting untuk mengetahui apakah material dasar pembuatan kubikel toilet bisa digunakan pada toilet basah dan kering atau hanya salah satu. Penempatan kubikel toilet yang tidak sesuai dapat memicu terjadinya kerusakan.

Kubikel toilet berbahan dasar wooden sangat tidak disarankan untuk digunakan pada jenis kamar mandi basah. Hal ini karena material wooden rentan rusak apabila terkena air terus menerus atau berada pada tempat yang lembab.

4. Pastikan Tenaga Kebersihan Ahli di Bidangnya

Perlu tenaga ahli untuk membersihkan partisi toilet secara maksimal. Petugas kebersihan memiliki peran sangat penting untuk menjaga agar kubikel toilet selalu bersih dan tidak mudah rusak.

Percayakan urusan kebersihan kubikel toilet Anda hanya pada tenaga profesional. Lakukan kontrol dan pengecekan secara berkala untuk memastikan bahwa petugas membersihkan dan merawat partisi toilet dengan baik.

5. Secara Berkala Lakukan Desinfeksi

Toilet umum yang menggunakan kubikel kamar mandi Bandung sangat rawan menjadi tempat penyebaran kuman dan virus termasuk Covid-19. Oleh karena itu sangat penting untuk melakukan desinfeksi secara berkala.

Gunakan cairan desinfektan yang cocok dengan material pembuat partisi toilet agar tidak merusaknya. Ketahui apakah partisi toilet yang Anda miliki tahan terhadap bahan kimia tertentu atau tidak.

Standar Kebersihan dan Tata Cara Membersihkan Kubikel Kamar Mandi Bandung

Kamar mandi yang bersih tentu saja akan membuat nyaman pemakainya. Selain itu, kebersihan dari tempat ini sangat penting untuk menunjang kesehatan penggunanya. Oleh karena itu, penting agar toilet memenuhi standar kebersihan maksimal.

A. Standar Kebersihan Kubikel Toilet

Kebersihan toilet memiliki beberapa standar untuk menentukan apakah tempat tersebut bersih maksimal atau tidak.Lantas apa saja standar maksimal kebersihan kamar mandi?

  • Lantai dalam kondisi kering atau tidak becek
  • Seluruh aksesori pada kubikel toilet dapat berfungsi dengan baik
  • Tidak ada kerak pada seluruh bagian aksesori di dalam toilet
  • Tidak menimbulkan bau apapun dari dalam kamar mandi
  • Semua sampah ada pada tempatnya sehingga tidak ada yang tercecer
  • Seluruh dinding partisi dan pintu bebas dari kotoran apapun

B.     Standar Tata Cara Pembersihan Kubikel Toilet Umum

Petugas kebersihan toilet wajib mengetahui dan mematuhi standar tata cara pembersihan toilet. Hal ini untuk meminimalisir kerusakan, kecelakaan kerja, dan akhirnya menghasilkan toilet yang bersih terawat.

  • Wajib memasang tanda peringatan atau warning sign bahwa toilet sedang dibersihkan. Hal ini untuk menghindari orang masuk ke dalam bilik yang sedang dibersihkan.
  • Gunakan sarung tangan berbahan karet atau hand gloves.
  • Lakukan pemeriksaan pada plafon dan dinding, bersihkan dari debu dan sarang laba-laba jika ada.
  • Lap seluruh bagian partisi dan pintu kubikel toilet dengan lap dan cairan pembersih khusus.
  • Bersihkan area lantai dengan alat khusus untuk menjaganya tetap bersih dan kering.
  • Kumpulkan seluruh sampah yang ada baik organik maupun non organik.

Penutup

Mengetahui cara merawat dan membersihkan kubikel kamar mandi Bandung secara tepat akan menjaganya tetap awet dan tidak mudah rusak. Petugas kebersihan harus mengetahui standar kebersihan maksimal dan juga tata cara pembersihan.

Jika Anda menghendaki partisi toilet yang mudah dibersihkan dengan model yang sesuai dengan keinginan, maka langsung saja hubungi kubikeltoilet.com by Triaz Jaya Group. Kami akan membantu untuk mewujudkan partisi toilet idaman Anda. Karena kami adalah jasa pemasangan di kubikel kamar mandi di daerah Bandung dan sekitarnya.

Segera pesan pada kami sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat