Tips Menjaga Toilet Agar Tetap Bersih Untuk Hindari Penyebaran Virus dan Bakteri

Spesialis Pabrikasi

Tips Menjaga Toilet Agar Tetap Bersih Untuk Hindari Penyebaran Virus dan Bakteri

30/09/2021 Blog 0
Membersihkan Toilet

Melihat fakta di lapangan mengenai penyebaran virus Covid-19 yang sulit dikendalikan, tentu hal itu juga berdampak pada persepsi, fungsi, dan desain toilet komersial. Karena munculnya kekhawatiran yang disebabkan oleh rasa takut akan tertular virus corona jika menggunakan toilet umum, banyak konsumen yang mulai mengevaluasi sebuah bisnis berdasarkan kondisi dan penampilan toilet.

Menurut survei yang dilakukan oleh Healthy Handwashing Survey, ditemukan bahwa sebanyak 69% konsumen memilih untuk melakukan pembelian di tempat operasi bisnis yang memiliki toilet nyaman. Bahkan, hampir tiga dari empat konsumen memutuskan untuk mengunjungi sebuah bisnis karena mereka tahu tempat tersebut memiliki toilet yang bagus.

Selain dapat meningkatkan persepsi nilai, menjaga toilet agar tetap higienis juga bermanfaat untuk menghindari penyebaran virus dan bakteri, terutama pada saat pandemi seperti ini. Nah, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menjaga kebersihan toilet.

1. Gunakan perlengkapan toilet otomatis tanpa sentuh.

Pada penelitian yang dilakukan tahun 2021 di Amerika menunjukkan, sebanyak 84% orang lebih suka toilet umum yang memasang perlengkapan toilet tanpa sentuh untuk tuas keran, pegangan pintu, tombol flush, serta berbagai permukaan lainnya. Dan sebanyak 70% orang mengatakan mereka lebih mungkin untuk datang kembali ke sebuah tempat bisnis yang memiliki perlengkapan tanpa sentuh di toiletnya.

2. Pasang partisi toilet yang bersifat anti-bakteri.

Menggunakan bahan kubikel yang kokoh dan tidak berpori seperti phenolic dapat mencegah akumulasi bakteri, jamur, dan pengelupasan pada meterial partisi. Selain itu, jenis kubikel toilet yang menggunakan sistem kering juga akan jauh lebih mudah dibersihkan, sehingga dapat meminimalkan resiko untuk menjadi tempat penularan penyakit.

3. Lengkapi fasilitas sistem cuci tangan bebas sentuh.

Dengan teknologi yang lebih canggih, saat ini sudah tersedia fasilitas cuci tangan bebas sentuh untuk melengkapi kebutuhan toilet umum. Bukan hanya kran wastafel saja, tapi juga semua elemen cuci tangan seperti dispenser sabun dan hand sanitizer otomatis. Selain lebih terintegrasi, perlengkapan cuci tangan bebas sentuh juga akan lebih disukai karena praktis dan mudah diakses.

4. Hindari penggunaan air dryer.

Meski air dryer tampaknya adalah salah satu alat canggih yang sangat dibutuhkan, namun alih-alih menggunakannya sebaiknya Anda lebih memilih untuk menyediakan tisu untuk mengeringkan tangan. Hal ini dikarenakan air dryer lebih beresiko untuk menyeberkan virus ke ruangan toilet melalui cipratan air dari seseorang yang tidak mencuci tangan dengan baik dan benar.

5. Sediakan ventilasi udara.

Dengan lancarnya sirkulasi udara di dalam ruangan, hal tersebut dapat mengurangi resiko penyebaran virus Covid-19. Karena itu, sediakan ventilasi di toilet Anda guna mengencerkan kontamin yang terdapat di udara. Bahkan menurut laporan dari Centers for Disease Control and Prevention, tampaknya virus corona dapat menyebar di dalam ruangan melalui kontak pribadi dan sirkulasi sitem ventilasi gedung yang buruk.

Selama higienitas toilet selalu dijaga dengan baik, seharusnya hal tersebut sudah lebih dari cukup untuk membantu mengurangi penyebaran berbagai jenis bakteri dan virus, termasuk corona. Namun, sangat penting bagi Anda sebagai pemilik bisnis untuk membantu para konsumen melakukan pencegahan tambahan dengan menghimbau agar selalu menggunakan masker dan menjaga jarak aman ketika berada di ruangan tertutup seperti toilet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat